Kampus jurusan administrasi untuk anda yang minat menambah pengetahuan di bidang bisnis

7 Kampus Jurusan Administrasi Bisnis Terbaik

Kampus jurusan administrasi adalah salah satu jurusan yang sudah diminati banyak mahasiswa baru di seluruh Indonesia. Jurusan administrasi bisnis telah menawarkan pemahaman yang dalam tentang mengelola bisnis, sampai pengelolaan keuangan, jurusan administrasi menjadi jurusan yang populer bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan pemahaman mereka dalam dunia bisnis.

Kampus menjadi sangat diminati bagi mahasiswa untuk menambah ilmu pengetahuan mereka agar menjadi lebih tinggi. Beberapa kampus di Indonesia juga menyediakan program studi untuk setiap mahasiswa, namun jurusan yang diminati untuk mengembangkan bisnis yaitu jurusan administrasi. Berikut lima kampus unggulan jurusan administrasi bisnis terbaik:

1. S1 Jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Lampung

Universitas Lampung

Universitas Lampung menjadi universitas unggulan yang ada di daerah Lampung.
Universitas Lampung telah berdiri pada tahun 1965, Universitas Lampung telah menjadi pusat Pendidikan dan penelitian yang penting dalam pengembangan akademik, ekonomi, dan sosial. Tanggal kadaluarsa untuk Universitas Lampung yaitu dari tanggal 2027-03-16 dan status kadaluarsa juga masih berlaku hingga saat ini.

Universitas Lampung telah menyediakan program studi yang lengkap salah satunya yaitu S1 ekonomi dan bisnis, S1 ilmu pendidikan, S1 pertanian, dan masih banyak lagi untuk fakultas yang ada di Universitas Lampung. Untuk biaya kuliah di jurusan administrasi bisnis di Universitas Lampung berkisar 5 juta, setiap jurusan menawarkan biaya kuliah-nya masing-masing sesuai dengan jurusan yang dipilih.

2. S1 Jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran menjadi perguruan tinggi dan unggulan yang diminati di Bandung. Universitas Padjadjaran telah menjadi kampus terkemuka di Indonesia, universitas padjadjaran sudah berdiri dari tahun 1957 dan tanggal kadaluarsa pendaftaran dan lainya yang ada di Universitas Padjadjaran yaitu tanggal 2027-01-27 sampai sekarang masih berlaku.

Setiap universitas memberikan program studi yang berkualitas salah satunya universitas padjadjaran yang juga menyediakan program studi S1 yaitu administrasi bisnis, administrasi publik, sosiologi dan masih banyak program studi di Universitas Padjadjaran. Biaya program studi administrasi bisnis di universitas padjajaran dari semester satu sampai delapan yaitu 500 ribu sampai 6 juta.

3. S1 Jurusan Administrasi di Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya sudah menjadi pilihan untuk pendidikan bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan ilmu pendidikan mereka terutama di jurusan administrasi. Universitas Brawijaya yang sudah berdiri pada tahun 1963 dan masih berdiri sampai sekarang, karena tanggal kadaluarsa pendaftaran dan lainnya yang ditetapkan Universitas Brawijaya yaitu tanggal 2025-03-29 dan statusnya masih berlaku hingga saat ini. Universitas Brawijaya terus meluluskan mahasiswa yang baik untuk bangsa.

Universitas Brawijaya juga menyedihkan jurusan atau program studi bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke jurusan administrasi bisnis dan jurusan baik lainnya. Program studi yang ditawarkan di jurusan S1 administrasi adalah program studi administrasi bisnis, perpajakan dan pariwisata. Biaya program administrasi bisnis yaitu mulai dari 500 sampai 7 juta tergantung dari semesternya, setiap biaya program studi berbeda sesuai dengan jurusan nya.

4. S1 Jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro adalah kampus unggulan di Semarang dan reputasinya dalam pendidikan bagi para mahasiswa dalam mengembangkan ilmu pendidikan mereka lebih luas dan berkembang. Universitas yang didirikan tahun 1957, Undip telah menjadi pusat pendidikan yang dinamis dan inovatif. Universitas favorit bagi para mahasiswa karena status dari program studi yang diberikan.

Program studi yang ditawarkan dari Universitas Diponegoro antara lain yaitu S1 administrasi bisnis dan S1 administrasi publik. Setiap program di Universitas Diponegoro menawarkan biaya yang sesuai dengan jurusan untuk, jurusan S1 administrasi bisnis golongan pertama sekitar 500 ribu rupiah dan golongan kedelapan sekitar 7 juta. Untuk waktu kadaluarsa pendaftaran, perizinan sertifikasi dan lainnya bagi Universitas Diponegoro yaitu tanggal 2026-11-26 dan status kadaluarsa juga masih berlaku.

5. S1 Jurusan Administrasi Bisnis di Universitas Riau

Universitas Riau

Universitas unggulan selanjutnya adalah Universitas Riau yang menjadi pilihan utama bagi para siswa melanjutkan pendidikan. Universitas Riau berdiri pada tahun 1962, menjadikan kampus yang terpercaya bagi para mahasiswa yang ada di Riau untuk meraih pengalaman lebih tinggi. Kadaluarsa pendaftaran dan lainya untuk universitas riau pada tanggal 2025-07-28 dan untuk status kadaluarsa masih berlaku.

Salah satu yang menjadikan Universitas Riau pilihan bagi para mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan administrasi bisnis agar mahasiswa dapat mengetahui bisnis di dunia kerja. Sama seperti universitas lainya yang menyediakan program studi, di dalam universitas riau juga telah menyediakan program studi unggulan bagi para mahasiswa.

Program studi sarjana di universitas yang ada di universitas riau yaitu salah satunya S1 ilmu administrasi bisnis dan masih banyak lagi program studinya. Biaya kuliah di Universitas Riau di jurusan program studi administrasi bisnis sekitar 6,7 juta.

6. S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis UPN Yogyakarta

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak didirikan, UPNYK telah berkembang pesat dari hanya memiliki 3 jurusan menjadi 5 fakultas dengan berbagai program studi, termasuk 1 program D-3, 21 program S-1, 8 program S-2, dan 1 program S-3.

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPNYK terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional (SN-Dikti). Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan abad ke-21 dan bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Program ini telah meraih akreditasi “A” sejak tahun 2005 dan berhasil mempertahankannya hingga saat ini, dengan akreditasi terbaru berlaku hingga 2026. Lulusan program ini diharapkan menjadi sumber daya manusia yang terdidik dan siap berkontribusi dalam berbagai bidang bisnis.

Lurusan Administrasi Bisnis di UPN “Veteran” Yogyakarta menghasilkan lulusan yang beragam, termasuk wirausahawan, pendidik, peneliti bisnis, konsultan, trainer bisnis, pemasar, sekretaris perusahaan, pialang, analis kredit, dan investor bisnis. Program ini mendukung pengembangan karier di berbagai bidang melalui pendidikan yang komprehensif dan berkualitas.

Biaya kuliah di UPNYK bervariasi tergantung program studi dan kemampuan finansial mahasiswa, dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 8,303 juta per semester, memungkinkan akses pendidikan yang terjangkau bagi semua kalangan.

7. S1 JUrusan Administrasi Bisnis UPN Jawa Timur

Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis (Prodi Adbis) di UPN “Veteran” Jawa Timur merupakan salah satu dari lima program studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Prodi ini didirikan pada tahun 1993 dengan status Negeri Kedinasan berdasarkan Surat Keputusan Menhankam. Pada tahun 1994, status UPN “Veteran” Jatim berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan program studi yang berstatus “Disamakan”. Kemudian, pada tanggal 6 Oktober 2014, berdasarkan Peraturan Presiden No. 122 Tahun 2014, UPN “Veteran” kembali menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Prodi Adbis pertama kali terakreditasi oleh BAN-PT pada tahun 2001 dengan nilai B. Pada tahun 2006, prodi ini berhasil meraih akreditasi A yang kemudian dipertahankan pada tahun 2012 dengan skor total 361. Prodi ini juga mempertahankan akreditasi A pada tahun 2016. Pada tahun 2019, nama program studi diubah menjadi Program Studi Administrasi Bisnis sesuai keputusan Kemenristekdikti. Akreditasi terakhir pada tahun 2021 juga memperoleh nilai A dengan skor 370, berlaku hingga 21 Mei 2026. Dengan sejarah akreditasi yang kuat dan perubahan status yang signifikan, Prodi Adbis terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi di bidang administrasi bisnis.

Biaya per semester untuk program ini adalah Rp 9,25 juta, dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) bervariasi mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 7,5 juta, menyesuaikan dengan kemampuan finansial mahasiswa. Dengan sejarah akreditasi yang kuat dan komitmen pada pendidikan berkualitas tinggi, Prodi Adbis terus berusaha menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia bisnis.

Dari lima kampus unggulan yang telah dibahas semuanya memberikan program yang baik untuk mahasiswa terutama pada jurusan administrasi bisnis yang dapat menambah pengalaman di bidang bisnis. Dengan adanya program studi memberikan pengetahuan luas bagi mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan bagi para mahasiswa ke tingkat yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Post

Didukung Oleh