PPG Guru Biologi

Kisi-Kisi Materi Tes Seleksi PPG 2022/2023 untuk Guru Biologi, Fisika, Kimia

Salah satu bentuk persiapan yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi seleksi PPG yaitu memahami kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022. Cara ini  terbilang cukup ampuh guna mengikuti tes seleksi PPG tahun 2022.

Bagi Anda yang belum tahu mengenai kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022, terutamanya guru biologi tidak perlu risau. Karena, berikut akan disajikan beberapa kisi-kisi materi tes seleksi PPG tahun 2022 untuk Guru Biologi, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kisi-kisi Materi Pembelajaran Biologi Kontekstual

Pada materi pembelajaran biologi kontekstual memiliki sub materi yang berupa penentuan model pembelajaran yang sesuai guna mengakomodasi pembelajaran biologi secara kontekstual dan Pembelajaran STEM. Serta mempunyai indikator yakni penyajian kompetensi dasar yang diharapkan peserta mampu menentukan model pembelajaran secara tepat guna melaksanakan pembelajaran biologi dengan kontekstual dan penyajian kompetensi dasar biologi tertentu yang diharapkan peserta mampu merancang pasangan unsur sains, teknologi, engineering, matematika yang sesuai dalam pembelajaran.

2. Kisi-kisi Materi Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran Biologi Sesuai Kompetensi Dasar

Pada materi merancang dan melaksanakan pembelajaran biologi sesuai kompetensi dasar memiliki submateri yang berupa perumusan indikator pencapaian kompetensi dari kompetensi dasar keterampilan dan pengetahuan yang mencerminkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan indikator yang dimilikinya yaitu penyajian kompetensi dasar keterampilan, peserta mampu menentukan rumusan indikator pencapaian kompetensi keterampilan proses sains terintegrasi dan sains dasar. Serta penyajian kompetensi dasar, peserta mampu menentukan rumusan indikator pencapaian kompetensi yang mencerminkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, penyajian rumusan indikator pencapaian kompetensi peserta mampu menentukan level proses kognitif yang sesuai, dan sejumlah indikator pencapaian kompetensi 2. Serta indikator yang mencerminkan proses berpikir.

3. Materi Organisasi kehidupan

Pada materi organisasi kehidupan memiliki sub materi yang berupa ekologi, biologi sel, hidup dan organisasi kehidupan, jaringan terhadap hewan dan tumbuhan, reproduksi virus, dan virus. Dengan tiap-tiap indikator diantaranya adalah sebagai berikut.

Menurut immaku.com, Indikator dari sub materi ekologi yaitu penyajian piramida energi agar peserta mampu menganalisis penyebab terjadinya kepunahan populasi berdasarkan aliran energi, pemberian berbagai macam contoh interaksi makhluk hidup agar peserta mampu mengidentifikasi ragam interaksi yang terjadi terhadap populasi, penyajian bagan jaring makananan agar peserta mampu memprediksi sesuatu yang akan terjadi terhadap populasi yang ada bila terdapat pengurangan pada satu atau dua populasi tertentu, pemberian ilustrasi mengenai interaksi di dalam ekologi agar peserta mampu mengidentifikasi ragam interaksi pada aras komunitas dan ekosistem, serta penyajian bagan daur nitrogen yang tidak lengkap agar peserta mampu melengkapinya sebagai daur nitrogen secara benar. Indikator dari sub materi biologi sel yakni pemberian gambar struktur sel agar peserta dapat mengidentifikasi organ di dalam sel beserta kegunaan, penyajian ilustrasi mengenai salah satu tahapan fotosintesis atau respirasi seluler agar peserta mampu menentukan tempat terjadi di dalam organel, dan pemberian gambaran mengenai salah satu reaksi kimiawi agar peserta mampu menganalisis ragam reaksi kimiawi dalam sel.

Indikator dari sub materi hidup dan organisasi kehidupan, yakni pemberian ilustrasi mengenai salah satu ciri kehidupan agar peserta dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. Lalu, untuk indikator dari sub materi jaringan pada hewan dan tumbuhan yang memiliki pemberian ilustrasi mengenai hewan agar peserta mampu mengidentifikasi jaringan mana yang dimaksudnya. Sedangkan, untuk indikator reproduksi virus yaitu pemberian tahap reproduksi secara acak agar peserta mampu mengurutkan cara reproduksi virus secara litik atau lisogenik. Selain itu, indikator dari sub materi virus yakni pemberian gambar struktur tubuh virus agar peserta mampu mengidentifikasi fungsi bagian yang ditunjuk.

4. Materi Ketanggapan dan Koordinasi Pada Hewan dan Tumbuhan

Pada materi ketanggapan dan koordinasi pada hewan dan tumbuhan ini memiliki sub materi yang berupa ketanggapan dan koordinasi pada hewan, serta sistem imun. Dengan indikator yang dimilikinya yaitu pemberian ilustrasi mengenai mekanisme respons hewan pada perubahan stimulus agar peserta dapat mengevaluasi ragam respon hewan pada perubahan stimulus internal dan eksternal, serta pemberian ilustrasi mengenai mekanisme salah satu sistem imunitas agar peserta mampu menentukan imun spesifik maupun nonspesifik.

5. Materi Tentang Ketanggapan dan Koordinasi Pada Tumbuhan

Pada materi ketanggapan dan koordinasi pada tumbuhan memiliki sub materi berupa gerak pada tumbuhan. Dengan indikator yang dimiliki yaitu penyajian sejumlah gambar sejumlah gambar gerak.

6. Kisi-kisi Materi Mengenai Keanekaragaman dan Klasifikasi Makhluk Hidup

Pada materi keanekaragaman dan klasifikasi makhluk hidup yang memiliki berupa klasifikasi kingdom monera dan protista, konsep dan prinsip klasifikasi makhluk hidup, serta konsep dan prinsip keanekaragaman hayati. Dengan indikator yang dimiliki dari sub materi klasifikasi kingdom monera dan protista adalah penyajian gambar-gambar struktur prokariot dan eukariot agar peserta mampu mengelompokkannya ke dalam kingdom monera dan Protista dan penyajian skema daur hidup agar peserta mampu menentukan tumbuhan lumut atau paku.

Sementara itu, indikator yang dimiliki sub materi konsep dan prinsip klasifikasi makhluk hidup adalah penyajian ciri-ciri penting makhluk hidup agar peserta mampu menentukan kingdom secara tepat, penyajian sejumlah contoh makhluk hidup agar peserta dapat menentukan karakter makhluk hidup yang penting pada kategori filum atau divisi, dan pemberian ilustrasi mengenai cladogram agar peserta dapat menganalisis karakter takson makhluk hidup pada kategori taksonomik spesies sampai kelas. Selain, indikator dari sub materi tersebut, indikator dari sub materi konsep dan keanekaragaman hayati adalah penyajian contoh-contoh atau gambar keanekaragaman tumbuhan maupun hewan agar peserta mampu menentukan tingkat keanekaragaman hayati gen, jenis, atau ekosistem.

7. Materi Pertumbuhan, Perkembangan dan Diferensiasi Hewan dan Tumbuhan

Pada materi pertumbuhan, perkembangan dan diferensiasi hewan dan tumbuhan memiliki sub materi berupa hormon pada hewan. Dengan indikator yang dimilikinya adalah pemberian ilustrasi mengenai mekanisme umpan balik terhadap hormon tertentu agar peserta dapat menganalisis sejumlah prinsip dalam mekanisme aksi hormon.

Untuk artikel edukasi lainnya, kunjungi juga : https://immaku.com/