Manfaat Dari Streaming Anime Jepang dan Efek Negatifnya

Era sekarang ini tentu kebanyakan tak asing lagi akan anime. Anime memang jadi satu dari sekian hiburan yang populer sekali dalam negeri ini dengan asal Negeri Sakura (Jepang). Bagi Anda yang punya akses pada teknologi, untuk sekali atau dua Anda pernah melihat tayangan sekilas dari anime.

Anda dapat streaming anime lewat situs yang ada, dan dari situs yang ada juga sudah jadi aplikasi android yang dapat di instal pada smartphone, Nekopoi Care contohnya.

Memang untuk hiburan, jika Anda hanya menonton dengan wajar dan tak berlebihan. Meski begitu, masihlah ada dampak disamping dari manfaat Berikut manfaat juga dampak dari menonton atau streaming anime. 

Manfaat dari Streaming Anime Jepang

1. Dapat berbahasa asing 

Dengan menonton atau streaming anime, Anda dapat belajar bahasa asing sedikit-sedikit. Ini karena pada dubbing dari anime yang ditonton, dengan mendengarkan dan membaca subtitle dari anime, akan membuat Anda makin pandai berbahasa asing. 

Meskipun Anda baru paham sedikit saja, entah itu sapaan atau apapun, setidaknya Anda sedikit mampu berbahasa asing (Jepang).

2.Semangat belajar yang kian meningkat

Dalam contoh seperti anime Dr Stone yang menyajikan suatu tontonan dengan aksi yang berhubungan sains. Meski ada beberapa dari ilmu sains yang kurang tepat dalam anime ini, tapi karena hal inilah yang nantinya akan membuat Anda jadi penasaran dan bertambahnya semangat dalam belajar dan menggali kebenaran akan teori yang ada dalam anime ini.

3. Kreativitas meningkat

Setelah Anda streaming anime dengan jumlah banyak, dalam pikiran Anda nantinya ada suatu rekaman cerita. Dan terutama seseorang yang gemar menulis, akan ada ide yang bagus dalam pikiran juga kreativitas Anda dalam membuat cerita jadi meningkat lagi. 

Tak itu saja, kreativitas Anda dalam menggambar juga akan naik. Dengan menikmatinya tayangan dari anime, utamanya pada genre sci-fi maupun fantasy. Akan membuat Anda jadi terpicu dalam menggambar, dengan penuh kreativitas dan warna. 

Selain manfaat tadi, dengan menonton atau streaming anime terus menerus dapat memberi Anda dampak negatif juga. Seperti streaming anime pada masa yang tepat (waktu luang), boros kuota, dan lainnya. 

Dampak (efek negatif) Ketika Streaming Anime

1. Rasa sedih yang berlanjut

Apakah Anda pernah streaming anime dengan judul Angel Beats? atau yang lain seperti Anohana? Apa yang Anda rasa, disaat masa-masa terakhir Yuzuru dan Angel? Dan apa yang Anda rasa disaat terkabulnya keinginan dari Menma?

Anda tentunya akan menitikkan air mata jika streaming anime tersebut dari awal hingga selesai. Di sinilah rasa sedih dalam diri berlanjut, jika Anda ingat akan scene akhir dengan sad ending. 

2. Akan meniru sifat yang dimiliki karakter

Tak sedikit yang ikut terbawa dalam suasana ketika streaming anime. Ada juga yang sampe bilang “Gue banget” dengan jari mereka sambil menunjuk karakter utama dalam anime sesudah menontonnya, padahal mereka baru selesai beberapa menit dalam menonton. 

Dalam cerita, sifat dari karakter utama lebih sering ke pendiam dengan otak jenius. Inilah yang nantinya akan membuat si penonton tadi jadi punya sifat cool pendiam. Tapi ini tak punya selang waktu lama, dengan jarak waktu beberapa minggu, orang tadi akan seperti semula.

3. Ikut meniru atraksi berbahaya

Ikut meniru suatu aksi yang berbahaya juga jadi diantara dampak yang ada. Beberapa waktu kemarin juga terdapat anime dengan cukup kontroversial, yakni Tokyo Revengers. Dalam anime ini terdapat seorang karakter yang jadi ketua dari geng Toman (Tokyo Manjiro). Sano Manjiro, yang jadi ketua juga sekaligus karakter terkuat dalam anime dan membuat beberapa jadi ingin seperti si Sano Manjiro. 

Tentu ini berbahaya, terlebih jika anak kecil yang melihat anime ini. Besar kemungkinan juga mereka akan ikut terbawa ingin seperti sosok Manjiro ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Post

Didukung Oleh