Bagi kamu yang berminat melakukan sebuah investasi di reksadana maka wajib untuk mengetahui manajer investasi. Dikutip dari buku Seri Literasi Keuangan Pasar Modal yang dikeluarkan oleh otoritas jasa keuangan menjelaskan, manajer investasi merupakan sebuah pihak yang kegiatan usahanya dengan mengelola portofolio untuk kepentingan nasabah ataupun portofolio investasi untuk kepentingan suatu nasabah. Kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang tentunya akan melakukan kegiatanya sendiri berdasarkan UUD yang berlaku.

Penjelasan mengenai definisi manajer investasi tertuang dalam peraturan otoritas jasa keuangan no 10/POJK/2018 mengenai penerapan tata kelola manajer investasi. Produk investasi yang umumnya menggunakan manajer investasi yaitu reksa dana dan kontrak investasi kolektif. Dengan adanya manajer investasi, maka investor yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk belajar investasi maka tidak perlu khawatir.

Untuk lebih jelasnya, jika kamu melakukan investadi di reksadana, maka perlu untuk menyetorkan uang pada perusahaan manajer investasi bersamaan dengan dana yang berasal dari nasabah lain. Manajemen investasi lah yang akan mengolah dan menempatkan dana tersebut pada bagian instrumen sesuai dengan permintaan investor. Nantinya manajer investasi bisa saja melepas, maupun membeli saham, obligasi atau instrumen investasi lain dengan dana investor.

Beberapa tugas dari manajer investasi yaitu sebagai berikut:

1. Mengelola Aset nasabah

Ketika investor menyetorkan sejumlah dana untuk membeli produk investasi, contohnya reksadana, maka dana investor akan dikelola oleh manajer. Kemudian manajer investasi akan mengalokasikan dana tersebut sesuai dengan jenis reksa dana yang telah dipilih.

2. Dapat memilih instrumen investasi usaha yang akan dibeli

Manajer investasi investasi memiliki tugas untuk memilih dan membuat keputusan mengenai saham obligasi, deposito, dan surat berharga yang nantinya akan dibeli. Semua keputusan investasi ini dilakukan oleh MI berdasarkan data dan analisa yang dilakukan. Jadi tidak perlu khawatir menganai hal demikian karena mereka akan memilih instrumen yang akan memberikan keuntungan.

Sebagai investor kamu perlu memantau hasil investasi nya apakah menguntungkan atau sebaliknya. Dengan kata lain, kinerja dari reksa dana sangat dipengaruhi oleh kepiawaian MI dalam mengelola portofolio investasi.

3. Dapat membuat keputusan mengenai jual instrumen investasi

Manajer investasi memiliki tugas dalam memutuskan kapan waktu menjual atau melepas saham maupun instrumen investasi lain yang berkinerja kurang baik. MI bekerja dengan baik untuk memastikan portofolio investasi yang dikelola dapat menghasilkan performa bagi investor.

4. Melaporkan Hasil investasi

Setelah mengelola dana investor, manajemen investasi juga memiliki tugas untuk membuat laporan dan menyampaikan hasil investasi yang telah dikelola. Laporan tersebut dapat dilihat melalui aplikasi manajer investasi yang dapat kamu pilih. Misalnya nilai unit rata-rata investasi, jumlah unit yang dimiliki, kemudian harga persentase keuntungan investasi.

Pentingnya Selektif dalam memilih manajer investasi 

Peran manajer investasi sangatlah penting dalam rekayasa dana online yang dibeli. Pemilihan manajer investasi secara asal dapat menyebabkan resiko penurunan nilai harta dan tabungan secara signifikan. Oleh karena itu maka perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai manajer investasi yang dipilih. Berikut ini pertimbanganya:

1. Legalitas

Pastikan terlebih dahulu reksa dana online yang kamu beli memiliki manajer investasi yang telah resmi dan memiliki berizin. Izin dari otoritas jasa keuangan menjadi salah satu kunci legalitas. Jika kamu menemukan aplikasi reksadana yang belum memiliki izin dari ojk maka lebih baik tidak usah memilihnya karena dapat menimbulkan resiko penipuan.

2. Rekam jejak

Rekam jejak manajer investasi dapat menjadi sebuah pertimbangan yang cukup akurat untuk memilih reksadana online terbaik. Beberapa hal yang perlu dilihat dalam mempertimbangkan manajer investasi lewat rekam jejak yaitu dengan sudah berapa lama pihak perusahaan tersebut beroperasi kemudian bagaimana catatanya di industri pasar modal. Apakah dia memiliki prestasi yang baik atau  bahkan sebaliknya yang pernah ada pemberitahuan buruk terhadap manajer investasi.

3. Kinerja

Kinerja manajer investasi memanglah baru diketahui secara detail setelah membeli produk reksadana dari pihak tersebut. Dari laporan rutin yang diberikan dan lihatlah bagaimana gaya dan strategi investasi yang dilakukan manajer investasi. Jika kamu merasa kurang nyaman dengan gaya strateginya maka kamu dapat mencabut dana investasi untuk dialihkan ke produk reksadana lain. Tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah untuk mencegah terjadinya kerugian di masa mendatang.

Demikian artikel mengenai Mengenal Manajer Investasi dan Jobdesk atau Pekerjaan yang dapat dijadikan referensi. Reksadana online dapat menjadi pilihan bagi kamu yang akan memulai berinvestasi yang menjanjikan dan tidak membuatmu repot. Dengan membeli produk reksadana secara online maka tidak perlu memberikan dana ke manajer investasi untuk dikelola menjadi investasi.

Kamu dapat mengunjungi atg 5.0 untuk mendapatkan informasi yang lainya. Merupakan penyedia informasi trading yang tentunya akan berguna bagimu.