The first row is for desktop, and second row is for Tab and Mobile.
You can right click on this text and use Navigator for easy editing. This text message is hidden on all screens using Advanced/responsive tab on left.

Categories

Our Blog

Penjelasan Prinsip Interelasi Geografi dan Contoh Kejadian dalam Kehidupan Sehari-hari

Bagi Anda yang seorang pelajar ,tentu tidak asing lagi mendengar kata geografi atau prinsip geografi, Jika prinsip adalah suatu pedoman seseorang saat akan melakukan kegiatan. Maka prinsip sendiri bisa dibilang ilmu yang menjelaskan berbagai gejala dan fenomena yang terjadi dimuka bumi ini. Prinsip ini memang sangat penting dan dibutuhkan dalam studi pendidikan, karena dijadikan penelitian untuk pendekatan terhadap objek yang akan diamati.

Apakah Anda masih belum paham tentang prinsip instalasi geografi? Jika belum, mari kita simak bersama penjelasan lebih lengkapnya yang perlu Anda diketahui mengenai prinsip interelasi geografi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.

 

Penjelasan Prinsip Geografi

Prinsip geografi adalah tindakan atau landasan dasar yang menjelaskan dan menganalisis gejala atau fenomena yang terjadi di bumi kita ini. Fenomena ini geosfer merupakan hal yang merujuk pada objek material geografi seperti litosfer, atmosfer, antroposfer, biosfer dan hidrosfer pada satu wilayah yang sama.

Selain itu, Prinsip geografi dapat memahami karakteristik fenomenanya yang terbagi menjadi empat landasan dasar untuk mengkaji fenomena pada ruang yang satu. Empat prinsip tersebut merupakan prinsip interelasi, prinsip persebaran, prinsip korologi dan prinsip deskripsi.

 

Contoh di Kehidupan Sehari-hari

Prinsip geografi memiliki empat prinsip yang dijadikan landasan dasar, inilah penjelasan singkat dan contohnya di kehidupan sehari-hari yang perlu Anda tahu, yaitu:

1. Prinsip Interelasi

Sedangkan untuk prinsip interelasi merupakan keterkaitan analisis yang ada dalam satu ruang yang sama, prinsip ini memiliki hubungan yang timbal balik antara gejala geografi lainnya pada permukaan bumi. Hal yang dapat terjadi seperti manusia – manusia, manusia – alam, dan juga alam – alam.

Contoh prinsip interelasi seperti terjadinya banjir akibat hujan lebat, tsunami yang terjadi akibat terjadi gempa di dasar laut atau karena letusan gunung berapi, adanya hutan hujan hanya satu pulau saja dan terjadinya kekeringan dengan adanya fenomena la nina yaitu terjadinya perubahan suhu panas di permukaan air laut pasifik timur.

2. Prinsip Persebaran

Prinsip persebaran ini bisa dibilang dengan distribusi yaitu suatu penyebaran fenomena yang terjadi tidak merata pada permukaan bumi serta fenomena ini dapat dikaji dan bisa digambar pada peta. Selain itu, prinsip ini digunakan untuk memprediksi kejadian di masa mendatang.

Contoh dari prinsip persebaran yaitu seperti persebaran penduduk yang tidak merata, curah hujan yang berbeda dengan wilayah lainnya, sumber daya alam yang tidak merata, persebaran hasil dari tambang, perkebunan, erosi tanah yang diakibatkan oleh penebangan hutan yang dilakukan secara liar dan juga persebaran flora atau fauna yang tidak merata pada suatu wilayah.

3. Prinsip Deskripsi

Prinsip ini menjadi prinsip yang menggambarkan penjelasan secara rinci mengenai gejala geografis dalam satu wilayah yang sama. Dalam prinsip ini tidak hanya dijelaskan dengan kata atau tulisan saja, tapi juga diberi penjelasan gambar seperti tabel, diagram, grafik dan peta.

Contoh dari prinsip deskripsi yaitu angka pengangguran di jawa barat yang digambarkan, peta dari persebaran penduduk, lautan di asia tenggara yang digambarkan pada peta, grafik dari lempengan tektonik, dan grafik kasus covid-19.

4. Prinsip Korologi

Prinsip yang terakhir ini yang paling lengkap dari prinsip lainnya, karena menjadi penggabung tiga prinsip diatas yaitu prinsip interelasi, persebaran dan deskripsi. Selain itu prinsip ini memiliki tujuan untuk mengungkap fakta yang terjadi pada suatu tempat dan menunjukan perbedaan antara wilayah yang satu dengan lainnya.

Contoh prinsip korologi yaitu pada dataran rendah padi dapat tumbuh subur dengan baik, berapa jumlah gunung berapi yang berada di indonesia, mengapa indonesia memiliki banyak gunung berapi, hal apa yang menjadi penyebab terjadinya banjir, berapa besar kerugiannya, dan kapan banjir tersebut terjadi.

 

Nah, sudah paham kan sekarang penjelasan mengenai prinsip geografi, landasan prinsipnya dan contohnya dalam kehidupan-hari. Semoga hal ini dapat membantu Anda untuk membedakan 4 prinsip tersebut, pelajarilah ilmu geografi lebih dalam untuk menambah wawasan yang luas.

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent News

Gallery

Tag

Subscribe