Sejarah

 Sebelumnya, nama dari SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA A Yogyakarta. Pada zaman Belanda, sekolah ini dikenal dengan Algemeene Middelbare School Afdeeling A. SMA Negeri 1 Yogyakarta ini sudah berdiri sejak zaman penjajahan, revolusi, hingga era kemerdekaan.

Tahun 1954, Kepala Urusan Pendidikan SMA memberikan tugas kepada beberapa SMA agar mengadakan kurikulum baru yang kemudian SMA-SMA yang ikut serta dijuluki sebagai SMA teladan.

SMA Negeri 1 Yogyakarta merupakan SMA teladan tingkat A, yang telah resmi diputuskan melalui SK Mendikbud nomor 34. Menjadi bagian dari SMA teladan, membuat SMA Negeri 1 Yogyakarta ini berhasil menerapkan metode penyampaian oral approach pada pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SMA.

Seiring berkembangnya zaman SMA teladan ini berubah nama menjadi SMA Negeri 1 Yogyakarta dengan pertumbuhan yang sangat baik dan unggul dalam segala bidang prestasi. Tak hanya itu, sarana dan prasarana fasilitas yang lengkap, membuat SMA ini layak menjadi sekolah terbaik di tingkat menengah.