Tips Agar Tidak Terlambat Ketika Masuk Kerja

Dalam menjalani aktivitas harian kantor, seringkali mendapati permasalahan sebelum memulainya. Permasalahan yang terjadi ini terkadang membuat keterlambatan ketika akan ke kantor. 

Bahkan, karena masalah tersebut kita menjadi lupa untuk melakukan absen kerja. Apalagi sekarang ini perusahaan semakin ketat dengan membuat sistem aplikasi absensi online secara sistematis. 

Setiap kantor dan perusahaan memiliki kebijakan masing masing dalam menanggapi hal ini. Ada yang memberi keringanan dengan keterlambatan maksimal 5 menit atau ada juga yang langsung memotong gaji. Tentu hal ini tidak ingin dirasakan bukan.

Nah, dalam mengatasi hal ini tentu Anda harus meminimalisir dengan memikirkan hal hal apa saja yang memungkinkan untuk membuat Anda terlambat. Dengan begitu, berikut adalah tips dan cara agar tidak terlambat masuk ke kantor

Tips dan Cara Agar Tidak Terlambat ke Kantor

1. Lakukan Persiapan di Sedini Mungkin

Kebiasaan dalam mempersiapkan pergi ke kantor sedini mungkin merupakan hal yang efektif dalam mempercepat kesiapan ke kantor dan mengurangi kepanikan ketika akan mempersiapkannya.

Anda dapat mempersiapkan segala hal yang perlu dibawa ke kantor sehari sebelum berangkat, yang lebih tepatnya lagi malam hari sebelum tidur. Sehingga ketika telah bertemu pagi, Anda hanya perlu mempersiapkan diri tanpa panik memikirkan barang bawaan mana yang harus dipersiapkan.

2. Persiapkan dan Atur Jam Tidur

Tahukah Anda? Orang dewasa membutuhkan 6-8 jam untuk waktu beristirahat. Jika Anda merasa ada pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu, mungkin dapat Anda lanjutkan di hari esoknya. Karena dengan jam waktu tidur yang sedikit maka dapat memungkinkan untuk berkurangnya produktivitas keesokan harinya yang memungkinkan akan berlanjut seperti domino effect.

Kurangnya jam tidur ini memungkinkan Anda untuk masuk terlambat yang mana dapat membuat mood menjadi buruk. Ketika memulai hari dengan keadaan mood buruk, maka dapat mempengaruhi segala aktivitas yang ada di kantor

3. Gunakan Alarm Sebaik Mungkin

Bagi Anda yang hidup sendiri dan tidak ada orang lain yang dapat diandalkan, maka Anda harus memanfaatkan alarm sebaik mungkin. Anda dapat mensetting alarm dengan jarak waktu setiap 10 menit dan menggunakan ringtone yang keras untuk mengantisipasi keterlambatan.

Selain itu pastikan Anda mensettingnya pada 1 jam sebelum keberangkatan agar Anda tidak terburu buru ketika akan mempersiapkan diri.

4. Hindari Tidur Kembali Setelah Ibadah Subuh

Jika Anda seorang muslim, tentu menjalankan ibadah subuh merupakan hal yang penting dilakukan. Ibadah ini biasa dilakukan kurang lebih pada pukul 04.30 yang masih memiliki jarak waktu panjang dengan jam masuk kantor.

Ketika jam masuk kantor pukul 08.00, terkadang Anda berpikir untuk dapat tidur kembali setelah beribadah. Padahal tidur kembali akan membuat Anda semakin terlelap dan memungkinkan untuk bangun terlambat. 

Untuk mengisi jarak waktu tersebut, Anda mungkin dapat mengisinya dengan aktivitas bermanfaat seperti berolahraga.

5. Berangkat Lebih Awal

Warga Indonesia telah dikenal dengan pengaturan waktu yang cukup buruk. Ketika seseorang berkata sedang dalam perjalanan hal tersebut tidak dapat dipastikan karena terkadang mereka masih dalam persiapan akan berangkat.

Nah untuk membuang stigma buruk seperti itu, Anda perlu membiasakan diri dengan memulai perjalanan kerja lebih awal. Dalam hal ini Anda dapat mengatur sendiri jarak antar rumah Anda dengan kantor yang mana dapat Anda prediksi berapa waktu yang cukup untuk sampai di kantor dengan menyisakan sekitar 30-15 menit.

Sehingga ketika Anda telah sampai kantor, Anda dapat beristirahat terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas lainnya. Jika dibayangkan Anda datang dengan jarak waktu sedikit maka Anda tidak memiliki waktu istirahat dari perjalan Anda dan langsung memulai pekerjaan dengan kondisi tubuh yang belum siap.

6. Jangan Mampir Ke Tempat Lain Sebelum ke Kantor 

Sebelum menjalani aktivitas kantor, tentu setiap orang memiliki kepentingan masing masing seperti mengantarkan anak ke sekolah atau belanja makanan. Untuk mengantarkan anak ke sekolah mungkin tidak memakan waktu yang banyak, Namun untuk membeli makanan mungkin akan memakan waktu yang cukup bayak yang meungkinkan Anda untuk terlambat.

Maka dari itu, Anda mungkin dapat mempersiapkan lagi lebih awal seperti membawa kotak bekal atau sarapan pagi. Dengan begitu Anda dapat menghemat dan menyingkat waktu untuk terhindar dari keterlambatan

Nah, itu dia tips agar Anda tidak terlambat saat masuk kerja. Pastikan untuk mempersiapkan hari yang baik menjaga mood ketika berada di kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *